^___^

TuHan Memberi apa yang aku BUTUHKAN bukan yang aku INGINKAN . . .

Rabu, 08 Desember 2010

Makalah Belajar Pembelajaran

PENGERTIAN,MANFAAT DAN HAL – HAL YANG DIBAHAS DALAM BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Sebagai seorang guru harus mengerti apa itu belajar dan pembelajaran,manfaat belajar dan pembelajaran dalam dunia pendidikan,dan apa saja yang di bahas dalam dunia pendidikan,sehingga dapat diterapkan dalam dunia pendidikan sebagaimana peran guru dalam pendidikan.
Tugas utama guru adalah membelajarkan siswa, yaitu mengkondisikan siswa agar belajar aktif sehingga potensi dirinya (kognitif, afektif, dan konatif) dapat berkembang dengan maksimal. Dengan belajar aktif, melalui partisipasi dalam setiap kegiatan pembelajaran, akan terlatih dan terbentuk kompetensi yaitu kemampuan siswa untuk melakukan sesuatu yang sifatnya positif yang pada akhirnya akan membentuk life skill sebagai bekal hidup dan penghidupannya. Agar hal tersebut di atas dapat terwujud, guru seyogianya mengetahui bagaimana cara siswa belajar dan menguasai berbagai cara membelajarkan siswa.
Manfaat belajar dan pembelajaran sangat besar sekali baik dalam dunia pendidikan,masyarakat,sosial maupun budaya.Dengan mengetahui manfaat belajar dan pembelajaran orang akan bisa memandang betapa pentingnya belajar dan pembelajaran dalam hidup kita.Sehingga mereka akan mempunyai tanggung jawab untuk ikut memajukan dunia pendidikan yaitu dengan memberikan pendidikan dengan sebaik-baiknya bagi anak didiknya.
Di dalam kegiatan belajar dan pembelajaran,hal-hal yang perlu diperhatikan adalah apa saja yang akan dibahas didalamnya.Bagi pendidik,harus mengetahui dan memahami apa saja yang akan dibahas dalam belajar dan pembelajaran agar dia siap dan mampu untuk menguasai apa saja yang menjadi tugas dia sebagai seorang pendidik.
Pendidikan yang sangat penting bagi kemajuan bangsa dan negara,bagi hidup kita,harus kita bina agar generasi penerus bangsa mengetahui pentingnya pendidikan,bukan hanya sebagai formalitas,tetapi juga bermakna dan memberi pelajaran bagi kita.

1.2 RUMUSAN MASALAH
1.Apakah pengertian belajar dan pembelajaran ?
2. Bagaimanakah manfaat belajar dan pembalajaran bagi dunia pendidikan ?
3. Apa yang dibahas dalam belajar dan pembelajaran ?

1.3 TUJUAN
1. Menjelaskan gambaran tentang pengertian belajar dan pembelajaran
2. Mengetahui manfaat belajar dan pembelajaran bagi dunia pendidikan
3. Mengetahui hal-hal yang di bahas dalam belajar dan pembelajaran

1.4 MANFAAT
1. Untuk lebih memahami tentang pengertian belajar dan pembelajaran
2. Untuk lebih mengerti tentang manfaat belajar dan pembelajaran dalam dunia pendidikan sehingga dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari
3. Dapat memberi masukan sebagai calon pendidik tentang hal-hal yang harus di persiapkan nantinya dalam belajar dan pembelajaran




BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Gambaran tentang pengertian belajar dan pembelajaran
Apakah belajar itu ?. Menurut Gagne (1984: ) belajar didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat suatu pengalaman. Galloway dalam Toeti Soekamto (1992: 27) mengatakan belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi dan faktor-faktor lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Sedangkan Morgan menyebutkan bahwa suatu kegiatan dikatakan belajar apabila memiliki tiga ciri-ciri sebagai berikut :
• belajar adalah perubahan tingkahlaku;
• perubahan terjadi karena latihan dan pengalaman, bukan karena pertumbuhan;
• perubahan tersebut harus bersifat permanen dan tetap ada untuk waktu yang cukup lama
Berbicara tentang belajar pada dasarnya berbicara tentang bagaimana tingkahlaku seseorang berubah sebagai akibat pengalaman (Snelbeker 1974 dalam Toeti 1992:10) Dari pengertian di atas dapat dibuat kesimpulan bahwa agar terjadi proses belajar atau terjadinya perubahan tingkahlaku sebelum kegiatan belajar mengajar dikelas seorang guru perlu menyiapkan atau merencanakan berbagai pengalaman belajar yang akan diberikan pada siswa dan pengalaman belajar tersebut harus sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.Proses belajar itu terjadi secara internal dan bersifat pribadi dalam diri siswa,agar proses belajar tersebut mengarah pada tercapainya tujuan dalam kurikulum maka guru harus merencanakan dengan seksama dan sistematis berbagai pengalaman belajar yang memungkinkan perubahan tingkahlaku siswa sesuai dengan apa yang diharapkan.
Menurut Gagne, Briggs, dan wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) pengertian pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa.
Menurut UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkingan belajar.Ciri utama dari pembelajaran adalah inisiasi, fasilitasi, dan peningkatan proses belajar siswa. Sedangkan komponen-komponen dalam pembelajaran adalah tujuan, materi, kegiatan, dan evaluasi pembelajaran
Proses pembelajaran dialami setiap orang sepanjang hayat serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran merupakan interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik. Dalam pembelajaran tugas guru yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi peserta didik.
Dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran harus dirancang untuk memberikan pengalaman belajar pada peserta didik. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Oleh karena itu kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada pengajar, khususnya siswa agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara professional. Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar. Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan kirarki konsep materi pembelajaran, dan rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsure penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa yaitu kegiatan siswa dan materi.

2.2 Manfaat belajar dan pembelajaran dalam dunia pendidikan
Dalam kegiatan belajar dan pembelajaran,tentu ada manfaat di dalamnya,baik bagi orang tua,guru,maupun siswa dan lingkungan di sekitar kita.
Mengenai rasional perlu digunakannya tujuan belajar pembelajaran khusus dapat diikuti pendapat R.W. Tyler (1964), R.M.Gagne (1965), dan De Cecco (1977) sebagai berikut:
(1) Membimbing guru dalam perencanaan pengajaran, yang memungkinkan guru dapat merancang langkah-langkah kegiatan apa yang perlu dilakukan siswa dalam mencapai tujuan
(2) Menjadi acuan dan memudahkan guru didalam menilai performans siswa;
(3) Membimbing siswa dalam mengarahkan perhatiannya dan usaha belajarnya, dan untuk itu siswa harus mengetahui apa yang hendak dicapai sebelum menjalani kegiatan belajar.

Dari tiga sudut pandang R.J. Kibler dkk. menjelaskan rasional perlu digunakannya tujuan pembelajaran khusus sebagai berikut:

(1) Dari sudut rational and intuitive perspective, digunakannya tujuan pembelajaran khusus dalam pembelajaran berkenaan dengan meluasnya penerimaan gagasan akontabilitas pendidikan. Artinya dengan tersedianya tujuan-tujuan pembelajaran khusus dalam program pengajaran yang disusun guru, maka para orang tua, supervisor, dan dewan sekolah dapat mengetahui apa yang dilakukan guru dan apa yang dipelajari siswa

(2) Dari sisi empirical perspective ternyata banyak riset menemukan bahwa penggunaan tujuan pembelajaran khusus dalam proses belajar-mengajar dapat meningkatkan prestasi belajar. Adanya inkonsistensi hasil-hasil penelitian tidak lain disebabkan karena kelemahankelemahan metodologis dalam penelitiannya itu sendiri

(3) Dari sudut functional perspective, penggunaan tujuan pembelajaran khusus dalam pengajaran bermanfaat bagi banyak pihak:

(a) Bagi siswa, siswa tidak akan menduga-duga apa yang mereka harus pelajari dan apa yang seharusnya mereka demonstrasikan setelah mengikuti pelajaran
(b) Bagi guru, yang jelas akan memudahkan dalam menentukan pilihan materi pelajaran, metode, kegiatan belajar, dan alat evaluasi
(c) Bagi administrator, memungkinkan mereka dapat mengontrol ketepatan implementasi kurikulum
(d) Bagi Dewan Pendidikan, merupakan salah satu bahan kongkrit dalam menilai program
(e) Bagi orang tua, menjadi bermanfaat jika guru secara teratur mengirimkan laporan mengenai ketercapaiannya oleh anak-anak mereka.

2.3 Hal – hal yang dibahas dalam belajar dan pembelajaran
Dunia berkembang begitu pesatnya. Segala sesuatu yang semula tidak bisa dikerjakan, mendadak dikejutkan oleh orang lain yang bisa mengerjakan hal tersebut. Agar kita tidak tertinggal dan tidak ditinggalkan oleh era yang berubah cepat, maka kita sadar bahwa pendidikan itu sangat penting.

Banyak negara yang mengakui bahwa persoalan pendidikan merupakan persoalan yang pelik. Namun semuanya merasakan bahwa pendidikan merupakan salah satu tugas negara yang amat penting. Bangsa yang ingin maju, membangun, dan berusaha memperbaiki keadaan masyarakat dan dunia tentu mengatakan bahwa pendidikan merupakan kunci keberhasilan suatu bangsa.

Pengemasan pendidikan, pembelajaran, dan pengajaran sekarang ini belum optimal seperti yang diharapkan. Hal ini terlihat dengan kekacauan-kekacauan yang muncul di masyarakat bangsa ini, diduga bermula dari apa yang dihasilkan oleh dunia pendidikan. Pendidikan yang sesungguhnya paling besar memberikan kontribusi terhadap kekacauan ini (Degeng dalam Budiningsih, 2005:4).

Tantangan dunia pendidikan ke depan adalah mewujudkan proses demokratisasi belajar. Pembelajaran yang mengakui hak anak untuk melakukan tindakan belajar sesuai karakteristiknya. Hal penting yang perlu ada dalam lingkungan belajar yang demokratis adalah reallness. Sadar bahwa anak memiliki kekuatan disamping kelemahan, memiliki keberanian di samping rasa takut dan kecemasan, bisa marah di samping juga bisa gembira (Budiningsih, 2005:7).

Realness bukan hanya harus dimiliki oleh anak, tetapi juga orang yang terlibat dalam proses pembelajaran. Lingkungan belajar yang bebas dan didasari oleh realness dari semua pihak yang telibat dalam proses pembelajaran akan dapat menumbuhkan sikap dan persepsi yang positif terhadap belajar.

Dari uraian di atas maka dipandang perlu bagi seorang pendidik untuk memahami tentang hal- hal yang dibahas dalam belajar dan pembelajaran.
Yang dibahas dalam belajar dan pembelajaran di antaranya adalah :
- Prinsip-prinsip pembelajaran
- Teori belajar
- Pendekatan
- Konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran
- Masalah dalam proses belajar dan pembelajaran
- Pembelajaran dan pengembangan kurikulum
- Model – model belajar dan pembelajaran



BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah lakunya baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek kognitif, afektif dan psikomotor untuk memperoleh tujuan tertentu.
Pembelajaran adalah kegiatan yang dirancang untuk mendukung proses belajar yang ditandai dengan adanya perubahan perilaku yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Manfaat belajar dan pembelajaran dalam dunia pendidikan :
(a) Bagi siswa, siswa tidak akan menduga-duga apa yang mereka harus pelajari dan apa yang seharusnya mereka demonstrasikan setelah mengikuti pelajaran
(b) Bagi guru, yang jelas akan memudahkan dalam menentukan pilihan materi pelajaran, metode, kegiatan belajar, dan alat evaluasi
(c) Bagi administrator, memungkinkan mereka dapat mengontrol ketepatan implementasi kurikulum
(d) Bagi Dewan Pendidikan, merupakan salah satu bahan kongkrit dalam menilai program
(e) Bagi orang tua, menjadi bermanfaat jika guru secara teratur mengirimkan laporan mengenai ketercapaiannya oleh anak-anak mereka.
Yang dibahas dalam belajar dan pembelajaran di antaranya adalah :
- Prinsip-prinsip pembelajaran
- Teori belajar
- Pendekatan
- Konsep dasar evaluasi belajar dan pembelajaran
- Masalah dalam proses belajar dan pembelajaran
- Pembelajran dan pengembangan kurikulum
- Model – model belajar dan pembelajaran





DAFTAR PUSTAKA

Mudjiono.2002.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta.
http://kisaranku.blogspot.com/2010/02/contoh-makalah-pendidikan.html ,diakses tanggal 6 Maret 2010
http://kurtek.upi.edu/kurpem/7-komponen%20pemb.htm , diakses tanggal 6 Maret 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar